25 April 2020

Ciri Virus Corona yang Menyerang Wanita Hamil

By oRiN

Ciri Virus Corona yang Menyerang Wanita Hamil

Sekarang ini resiko terpapar oleh virus Corona memang tidak hanya pada orang-orang yang bepergian ke luar negeri saja. Karena sangat mungkin juga bagi kita yang ada di dalam negeri juga bisa terjangkit Covid 19. Mengingat saat ini jumlah orang yang terserang penyakit ini juga sudah begitu tinggi. Termasuk juga dengan angka kematian yang disebabkan olehnya. Ciri virus Corona yang menyerang tubuh ini pada sebagian besar orang tidak disadari. Hal inilah yang kemudian membuatnya sulit untuk terdeteksi.

Kalangan semacam ini dikenal juga sebagai carrier atau pembawa virus yang nantinya bisa dengan mudah menularkan kepada orang lain yang ada di sekitar mereka tanpa disadari. Umumnya akan berbeda dengan orang-orang yang memiliki kondisi kekebalan tubuh lemah. Mereka dengan sistem imuns yang lemah akan lebih mudah terserang dengan gejala yang mudah terlihat. Biasanya orang yang sudah lanjut usia dan juga memiliki riwayat penyakit bawaan sebelumnya adalah yang mudah terjangkit.

Bahkan untuk wanita yang sedang hamil juga sangat rentan terkena virus Corona ini, mengingat kondisi kekebalan tubuh mereka yang lemah. Adapun diantaranya ciri virus Corona yang menyerang wanita hamil dan patut untuk diwaspadai, yaitu:

  1. Demam, umumnya infeksi dari virus yang satu ini akan menyebabkan respon pada tubuh yaitu peningkatan suhu badan atau yang dikenal juga sebagai demam, namun demam yang dimaksudkan adalah demam tinggi, dengan suhu tubuh bisa mencapai 38 derajat Celcius.
  2. Batuk, wanita hamil yang terpapar oleh virus Corona pada umumnya juga akan merasakan gejala yaitu batuk, hanya saja jenis batuk yang dialami berbeda dengan batuk pada umumnya. Karena kebanyakan diantaranya akan merasakan batuk kering atau tanpa disertai dengan dahak.
  3. Nyeri otot, kebanyakan diantara bumil apalagi seiring dengan pertambahan usia kandungan memang akan mengalami kondisi semacam ini, sehingga terkadang sulit untuk mendeteksi apakah ini adalah hal yang normal terjadi atau bisa menjadi tanda bahwa sedang terpapar oleh Covid 19. Hanya saja memang sebagian besar diantaranya akan merasakan gejala semacam ini.
  4. Lemas pada tubuh, ketika sudah terpapar oleh virus yang satu ini maka tidak jarang juga diantaranya yang akan merasakan tubuh menjadi lemas, sehingga menjadi kesulitan di dalam beraktivitas sebagaimana mestinya.
  5. Sesak napas, jika sudah memasuki kondisi atau fase yang semakin parah, maka akan disertai dengan gejala lainnya yaitu sesak napas. Ada rasa sakit di dada sehingga kesulitan untuk menghirup oksigen.
  6. Rasa sakit pada tenggorokan, sehingga menyebabkan kesulitan di dalam menelan makanan.

Itulah setidaknya ciri virus Corona yang menyerang wanita hamil. Jika seandainya hal ini sampai terjadi maka bisa memicu beragam masalah yang lebih berat, seperti diantaranya adalah:

  1. Masalah kesehatan yang lebih serius, karena dalam fase ini kondisi sistem imuns atau kekebalan tubuh bumil memang tengah dalam fase turun atau lemah, sehingga sangat mungkin juga bisa menyebabkan kematian.
  2. Memberikan dampak berbahaya juga bagi janin, bahkan sangat mungkin nantinya akan lahir prematur.
  3. Tak jarang juga kemungkinan hal ini akan menyebabkan bumil tidak bisa menjalani kelahiran secara normal, melainkan harus caesar.
  4. Resiko bayi yang baru lahir untuk terpapar atau terjangkit Covid 19 ini juga nyatanya sangat tinggi.

Informasi lebih lengkapnya seputar Cobid 19 bisa cek di situs Halodoc.